Senin, 29 Oktober 2007

Proposal Launching Produk Baru

BAB I
Analisa Background

Profil Perusahaan
Nama Perusahaan : PT. Blitz
Pendiri Perusahaan : MC9-12B Group I
Tahun berdiri : 1999
Produk yang akan diluncurkan : Fenduro-multi vitamin
Manager pemasaran : Sweete
PR director : Franchine

PT. Blitz merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pharmasis yang tersebar di Jakarta. Perusahaan ini mengeluarkan produk obat-obatan yang berkualitas dan memiliki izin pemerintah
Visi dan Misi dari PT Blitz
Visi:
Menjadi perusahaan yang sukses dalam bidang pharmasis
Menjadi perusahaan yang dikenal di mata masyarakat Indonesia dan Internasional.

Misi:
Memberikan produk yang bermutu bagi kesehatan
Memeberikan pelayanan yang bagus terhadap para pengguna produk PT. Blitz

Corporate Image:
Memeliki kesan yang baik di mata masyarakat
Masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik dari Pt. Blitz
Pt. Blitz merupakan perusahaan yang memberikan produk nasional tetapi bermutu internasional.

Corporate identity;
Logo perusahaan merupakan identitas dari Pt. Blitz. Logo ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannnya dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang bergerak di bidang yang sama
Staff perusahaan Pt. Blitz adalah staff yang sudah berpengalaman dan memiliki kepribadian yang sangat ramah terhadap para customernya.
Uniform yang digunakan staff para Pt. Blitz adalah melambangkan logo perusahaan ini.

Info produk

Nama Produk : Fenduro-multi vitamin
Target Market : - Sex : Female
- Age : 30 – 50
- Class : A – B+
- Residence : Indonesia
- Occupation : business woman
- Life style : modern, aktif, & simple
Lokasi Pemasaran : :Apotik-apotik, toko obat, supermarket yang ada di seluruh kota-
kota besar di Indonesia seperti :
Jakarta Bandung Balikpapan
Bogor Semarang Denpasar
Yogyakarta Surabaya Ambon
Medan Palembang Jayapura
Pekan Baru Samarinda dsb.

Tantangan produk
Compertitor
Saingan secara langsung adalah multivitamin Hemaviton dan Supradyn, dan saingan tidak langsungnya adalah produk minuman berenergi lainnya.
Unknown Brand
Produk multivitamin ini adalah produk baru yang brand-nya belum dikenal oleh masyarakat.
Alasan menggunakan press confrence

Press Conference diadakan agar produk multivitamin fenduro dapat dikenal secara luas oleh masyarakat, dan melalui media – media masa para wartawan dan melalui Press Conference pesan yang disampaikan dapat didengar oleh target market PT. Blitz.

Press Conference juga diadakan agar masyarakat dapat mengetahui kelebihan – kelebihan atau keunggulan dari produk multivitamin Fenduro yang berbeda dari produk multivitamin lainnya.

Dengan didakannya Press Conference akan sangat membantu PT. Blitz dalam mengembangkan sayapnya dibidang Pharmasi. Didalam Press Conference juga akan dibuka sesi tanya – jawab yang dapat membantu masyarakat untuk lebih mengenal produk ini.

BAB II
Program Objective


Tujuan diadakan Press Conference ini adalah agar masyarakat mengetahui, mengenal, dan mengingat adanya sebuah produk multivitamin baru yang diluncurkan oleh PT. Blitz. Melalui Press Conference produk multivitamin Fenduro dapat dikenal diberbagai lapisan masyarakat, karena wartawan akan sangat membantu PT. Blitz untuk menyalurkan informasi tentang produk multivitamin fenduro dengan menggunakan berbagai media yang dapat dijangkau setiap lapisan masyarakat. Dengan begitu PT. Blitz dapat menerapkan pemahaman yang baik kepada rekan – rekan wartawan dan masyarakat luas mengenai Multivitamin fenduro dengan adanya Press Conference ini.

BAB III
Invited Media

Media yang akan kami undang terbagi dalam 2 ( dua ) kelompok,
yaitu :

-Kelompok I : Print Media / Media Cetak.
News Paper : Nova
Jelita
Wanita Indonesia
Magazine Femina
Cosmopolitan
House keeping

Kelompok II : Broadcast Media / Media Massa.
TV : SCTV (official media broadcast)
Metro TV
RCTI
Trans TV
O Channel
Radio : Women Radio
U Fm

Alasan mengundang 6 Media cetak dan 6 Broadcast media, karena Media- media tersebut menghubungkan T. Blitz kepada Masyarakat dan merupakan yang paling terbaik dalam menyalurkan informasi mengenai produk Multivitamin Fenduro. Kelebihan dari seluruh Media yang kami undang adalah mudah dijangkau oleh target market Pt. Blitz. Sehingga informasi menyebar secara luas dan mera


BAB IV
Program design

I.Konsep Acara
Press Confrence
Tema : Sehat untuk Hidupku
Sesuai dengan tujuan utamanya yaitu memperkenalkan produk multivitamin terbaru Fenduro

II.Venue
Tempat : Ritz Carlton Ballroom
Hari & tanggal : Rabu, 16 Mei 2007
Waktu : 16.00 – selesai

III.Timing
16.00 – 17.00 : Registrasi ulang para wartawan
17.00 – 17.15 : Pembukaan dari MC
17.15 – 17.30 : Kata sambutan dari presiden Director PT. Blitz
17.45 – 19.45 : Press Conference
19.45 – 20.45 : Dinner
20.45 – 21.00 : Kata penutup dari Manager Pemasaran PT. Blitz

IV.Details
Tipe ruangan Ballroom
Kapasitas ruangan : 250 orang
Posisi tempat duduk : Meja panjang dan didepan posisi tempat duduk para wartawan berbentuk oval
Dekorasi : dibuat meriah dan sesuai dengan temanya
MC : Annisa
Speaker : 1. Manager Pemasaran : Sweete
2. PR director : Franchine
3. Presiden PT. Blitz : Ferlin
Food & Beverage arrangement :
- Menu : European Food
- Cara menghidangkan : Buffet Reception
Peralatan dan Fasilitas
8 wire less MIC (tanpa kabel )
Sound system
2 Meja Penerima tamu
Buku tamu
4 Kamera perekam
1 meja + 4 kursi untuk Press Conference
2 speaker
Laptop
Proyektor
Layar proyektor
AC
Toilet diluar ruangan
Ruang khusus merokok
PR Material :
Press Kit : - Press Release
- Brochure
- Name card
- Thank you Envelope
- Gift Merchandize : - Sample Fenduro
- Kaos

Staff :

4 orang penerima tamu
4 orang kameramen dari Nokia
30 Orang crew dari Nokia
20 orang pelayan dari Ritz Carlton
5 orang secutity dari Ritz Carlton

BAB V
Budgeting


Direct cost
Sewa tempat Rp. 30.000.000,-
MC Rp. 5.000.000,-
Artis pembicara Rp. 25.000.000,-
Icon Fenduro ( Arzetti )
Konsumsi untuk 100 orang x Rp. 150.000,- Rp. 15.000.000,-
Dekorasi (include lighting ) Rp. 10.000.000,-
Sound system Rp. 7.000.000,-
Biaya transportasi Rp. 2.000.000,-
Dokumentasi (kamera & Film ) Rp. 2.000.000,-

Jumlah total Rp. 96.000.000,-

PR Material Cost
Press Kit : 75 buah
Press Release 75 x Rp.4.000,- Rp. 300.000,-
Brochure 75 x Rp.3.000,- Rp. 225.000,-
Name card 75 x Rp. 1.000,- Rp. 75.000,-

Gift / merchandize : 75 buah
Kaos 75 x Rp. 15.000,- Rp. 11.250.000,-

Yhank you Envelope 75x Rp. 150.000,- Rp. 11.250.000,-
Guest book : 2 x Rp. 25.000,- Rp. 50.000,-
Usher untuk menerima tamu : 4 x @ 4.00.000,- Rp. 1.600.000,-
Biaya tak terduga Rp 12.075.000,-
Jumlah PR material Rp. 32.250.000,-

Total Cost Rp. 132.825.000,-


BAB VI
Evaluation Method


Untuk melihat kesuksesan acara yang kami buat ini, kami akan mengevaluasinya dengan cara melihat berapa banyak wartawan yang bersedia datang ke acara ini, berapa banyak berita yang akan dikeluarkan oleh para wartawan tentang acara ini melalui
media - medianya masing – masing.

Kami juga akan mengevaluasi keadaan pasar, bagaimana produk multivitamin Fenduro di market dan bagaimana penjualan produk tersebut setelah dadakannya
Press Conference.

BAB VII
LAMPIRAN

Press Release
BERITA DARI PT BLITZ

PRESS RELEASE

FENDURO, MULTIVITAMIN ALAMI

PT Blitz, perusahaan yang bergerak pada bidang farmasi terkemuka di Indonesia hari ini memperkenalkan produk unggulan terbarunya. Bertempat di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta Fenduro Multivitamin diperkenalkan kepada publik pertama kali dengan menghadirkan pula icon dari Fenduro yaitu Arzetti, model papan atas Indonesia. Multivitamin yang diperuntukkan untuk wanita yang aktif, modern dan simple ini dikomposisikan dari alam sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Sweete, Manager Pemasaran dari PT Blitz menyampaikan, “Fenduro Multivitamin ini akan memberikan tambahan nutrisi bagi tubuh dan dapat membuat badan menjadi segar dan sehat setiap saat. “ Dia menambahkanbahwa efek dari Fenduro ini akan terasa apabila diikuti dengan pola makan dan olahraga yang teratur dan mengkonsumsinya 1x sehari sesudah makan pagi.

Fenduro Multivitamin mengandung vitamin C tinggi, sehingga dapat memberikan tambahan ketahanan tubuh terhadap penyakit, dan ekstrak gingseng yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Tidak dianjurkan bagi wanita hamil untuk mengkonsumsinya.

Fenduro Multivitamin ini dapat diperoleh diselurtuh apotik, took obat, maupun swalayan yang ada di seluruh kota besar di Indonesia.

SELESAI

RRR. Anisah P.
Press Officer
021-996677

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi :
Dinda Ayu
Customer Service Manager Telp : 021-998878
Menara Blitz Fax : 021-998876
Jln. Jend. Sudirman Kav 32-33
Jakarta Pusat Date : 16 Mei 2007
Indonesia Ref : PTB/07/FMv/01

1 komentar:

Acile mengatakan...

maksud dari manager pemasaran : sweete? apa? mungkin bisa tolong di jelaskan.